Tim Respons Bencana Brimob Evakuasi Empat Sarang Tawon Vespa di SPN Balikpapan

Balikpapan – Tim Respons Bencana Satbrimob Polda Kaltim empat sarang tawon vespa, sejenis tawon dengan sengatan mematikan, di wilayah SPN Polda Kaltim.

Posko Respons Bencana Satbrimob Polda Kaltim, mendapat laporan adanya tawon vespa dilingkungan SPN Polda Kaltim sekitar pukul 12.30 WITA.

Adapun sarang tawon vespa tersebut ditemukan di Halang Rintang SPN Polda Kaltim di beberapa pepohonan besar.

Tim Respons Bencana Satbrimob Polda Kaltim menggunakan pakaian APD yang tertutup dari ujung kepala hingga kaki. Tak lupa mereka menutup celah dari pakaian APD mereka dengan lakban, agar tawon tak mudah menyerang. Selasa (12/10/2021).

“Sarang tawon di musnahkan serta di evakuasi menggunakan tiang panjang yang ujungnya diberi api, sehinggan rumah tawon vespa terbakar,” ujar Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang..

Dansat Brimob menyebut tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan dari keberadaan tawon vespa tersebut. “Alhamdulillah untuk warga sekitaran SPN Polda Kaltim belum ada,” kata Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Satu unit penyelamatan sebanyak tiga personel diterjunkan untuk menangani sarang tawon yang menenpel di batang pohon di SPN Polda Kaltim.

Sedangkan satu unit kendaraan taktis Brimob diturunkan di lapangan untuk menjangkau sarang tawon yang tergantung di atas pohon.

“Evakuasi dilakukan pada malam hari selesai kurang lebih satu jam, pukul 20.45 WITA,” kata Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.