Brimob Imbau Warga Balikpapan Waspadai Kejahatan Jalanan Jelang Lebaran

BALIKPAPAN, Menjelang Lebaran, kejahatan jalanan diperkirakan akan meningkat. Mulai dari pemalakan, penjambretan atau pencopetan di tempat-tempat keramaian seperti dipusat perbelanjaan baik pasar tradisional maupun modern.

Untuk itu, Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai, SIK, MH melalui tim patroli Batalyon A Pelopor mengimbau kepada masyarakat Balikpapan agar berhati-hati terhadap aksi kejahatan jalanan tersebut.

Tak dipungkiri, kejahatan jalanan bisa terjadi karena kebutuhan masyarakat menjelang hari raya meningkat. Sehingga, bukan tidak mungkin jika banyak pelaku kriminal memanfaatkan situasi tersebut.

“Kami telah berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Kota Balikpapan yang akan merayakan Lebaran. Termasuk, para pemudik yang memasuki wilayah Kota Balikpapan,” kata Kombes Andy Rifai, Seni (25/4/2022)

Kombes Andy Rifai mengatakan, untuk mengantisipasi adanya aksi kejahatan di pusat perbelanjaan maupun keramaian masyarakat, pihak Brimob Kaltim akan meningkatkan patroli rutin untuk mendeteksi dan mencegah aksi kejahatan yang dilakukan para pelaku kriminal.

“Untuk itu pihaknya mengimbau kepada warga yang hendak berbelanja ataupun bepergian agar tidak menjadi sasaran atau korban pelaku kejahatan, sebaiknya tidak menggunakan perhiasan yang mencolok, membawa uang sesuai kebutuhan, menyimpan barang beharga di tempat yang aman atau disembunyikan, tidak membeli atau membawa barang berlebih dan tentunya harus waspada,” tutup Kombes Andy Rifai. (hrs)